Billion Times Sorry

“jangan kebanyakan minta maaf, nanti permintaan maafmu jadi nggak bermakna.”

Dulu temanku pernah bilang begini, dan aku setuju saat itu. Iya, apa gunanya minta maaf kalau diulang lagi? Yang ngasih maaf pasti males lah. Tapi setelah aku mikir-mikir lagi, kayaknya nggak harus males.  Misal seseorang mengulang kesalahan yang sama terus menerus, ya kenapa sih kita nggak mau nerima aja maafnya yang juga berulang kali itu? Bagiku memendam perasaan benci sangat melelahkan. Secara logika pasti bakal mikir “jangan jatuh ke lubang yang sama, jangan bodoh nanti dikelabui dan dianggap lemah.” tapi tunggu, apakah memaafkan merupakan suatu kelemahan? Apakah melepaskan diri sendiri dari perasaan ingin menghujat merupakan kebodohan? Entahlah. Menurutku, yasudah maafkan saja. Kalau diulang lagi, ya maafkan lagi. Gitu aja terus sampai rotasi bumi berhenti. Sebuah contoh lucu dari papaku: kalau seseorang pinjam uang dan nggak mau kembalikan, tetap anggap teman tapi jangan pinjami uang lagi. Saat aku bertanya gimana caranya menolak, papaku menjawab, “ya bilang aja aku nggak mau pinjami kamu uang soalnya dulu uangku nggak kamu kembalikan, hehe.” terus kalau diajak ngopi ya ngopi aja, diajak belajar bareng ya belajar bareng aja, pokoknya jangan mau dipinjami uang. Nah, memaafkan jenis itu yang menurutku keren. Itu tidak bodoh, kan? Tidak membuat kita terlihat lemah, kan? Tapi itu memaafkan. Dan lagi, maaf jenis itu bisa memberi pelajaran bagi yang meminta maaf. Yang jelas, setelah kita tahu betapa memaafkan ini kecut-kecut manis, jangan jadi yang hobi mengulang kesalahan. Ya aku tahu ini omdo banget, tapi seenggaknya menyesalah. Beratus kali pun kita khilaf, menyesalah. Nanti suatu saat hati kita akan punya alarm yang berdering ketika akan melakukan kesalahan yang sama, dan secara otomatis menghentikan kita tepat sebelum melakukan kesalahan tersebut.

Billions sorry to say, Billions sorry to give. Why not? 😀

#StrivingForTheBest

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s