happy tummy

assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

tiba-tiba pengen update resep tteokpokki (terserahlah tulisannya gimana) yang nyontek dari internet dan dirubah seperlunya. oke check check!

bahan tteok:

tepung beras (300 gr)

garam (2 sdt)

tepung kanji (secukupnya)

air panas (secukupnya)

bahan saos:

saos pasta (1 botol)

bon cabe bubuk (1 bungkus)

bawang putih (2 siung)

telur rebus (terserah)

cara:

  1. campur tepung beras, garam dan tepung kanji, aduk-aduk, tambahkan air panas sedikit demi sedikit, aduk-aduk sampai konsistensinya menggumpal. ingat, menggumpal bukan lembek. (boleh pakai blender, sangat tidak disarankan bagi yang males nyuci banyak tempat)
  2. kukus gumpalan(?) tteok selama 30 menit dalam panci, lapisi tteok pakai plastik agar tidak lengket. aduk-aduk (lebih ke arah pencet-pencet sih) gumpalan tteok biar matang merata setiap 5 menit sekali.
  3. angkat tteok, biarkan hingga tidak terlalu panas. olesi tangan pakai minyak, uleni gumpalan hingga kalis (ini pinjem istilah dari yang udah expert), kemudian gulung tteok jadi melonjong dengan diameter sekitar 2-3cm, terus potong-potong sepanjang kira-kira 2 garis jari.
  4. rebus tteok yang sudah terbentuk sampai kenyal.
  5. panaskan wajan dengan minyak, masukkan saos pasta dan bawang. tambahkan garam kalau mau dan bon cabe sesuai selera. kasih air secukupnya. masukkan telur (yang sudah direbus sampai matang dan sudah dikupas) sama tteok yang sudah kenyal.
  6. biarkan air surut dan bumbu mengental kemudian sajikan yeay!

tteokpokki ini makanan korea, saya mikirnya dia sejenis cilok gitu kalau disana. rasanya enak, kenyal-kenyal dan saosnya pedes persis cilok cuma namanya lebih imut. kalau di restoran sih ada fishcakenya juga, dan saosnya pakai saos gochujang. sebenarnya ada sih yang bungkusan, tapi karena kota mungil saya nggak menjual gochujang bungkusan di semua supermarket yaudah saya dan teman-teman sedikit ngarang ehe. dan punya saya waktu itu lengket waktu dikunyah, nggak kenyal gitu gara-gara kita nggak ngerebus dulu sesudah dikukus, sama nggak dikasih kanji juga. tapi saosnya juaraaa (pedesnya) karena temen saya yang tukang ngicip bumbu selalu bilang “hmm kurang pedes” dan menghabiskan hampir setengah botol bon cabe level 15. wow! bayangkan nasib lidah dan perut saya yang lemah ini. gampang kan resepnya? yaaa bahkan resep gampang gini masih fail wkwk. mau curhat dikit dulu saya ngira saya nggak jago bikin makanan manis aja, gara-gara berkali-kali bikin pancake hasilnya bantet dan keras semua, kemudian bikin cheesecake nasibnya juga sama. eh pas bikin makanan asin nggak berhasil juga. kayaknya saya harus kembali ke menu biasa alias makanan rumahan wkwk. tapi worth a try kok selain karena tteokpokki ini hits banget (hampir semua drama korea nunjukin adegan makan tteokpokki) tapi emang rasanya nyenengin hati (bikin dulu baru beli di restoran korea biar nggak kecewa-kecewa amat kayak saya wkwk).

selamat mencoba! jangan lupa bikin sesuai porsi biar nggak buang-buang kalau nggak enak, jangan lupa juga baca bismillaah dulu sebelum makan!

happy holiday everyone!(:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s