“malu sama jilbabnya dong, mbak!”

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.
Semoga kesejahteraan terlimpah bagi wanita-wanita penghuni bumi saat ini dan pengejar surga untuk hari nanti.
Sering ketika mendengar seseorang berucap “kelakuan parah banget, nggak malu apa sama jilbabnya” atau “lepas aja jilbabnya kalau masih bejat” terasa nyess di hati, ngapain toh nyalah-nyalahin jilbab, kan jilbab sama akhlak dua hal yang berbeda. Banyak juga kan tulisan tentang bagaimana berjilbab itu sebuah kewajiban, sementara akhlak murni tergantung kepribadian orangnya, doakan saja supaya selaras. Setuju, setuju. Tapi saya kepikiran satu hal, pernahkah setelah berjilbab, kita ngerasa kayak “yaAllaah aku ini jilbaban tapi masih gini-gini aja” atau “yaAllaah kerudungku udah kayak kerudung dusta, sikapku belum baik” sering kan, ya? Ketika kita malu sama penampilan, sama jilbab, karena akhlak kita tidak mencerminkan kemuliaan dari jilbab itu sendiri. Ya boleh lah orang lain nganggap baik, tapi pujian mereka kadang malah terasa sebagai tamparan. Kamu lho nggak ngerti luar dalamku. Akhirnya malah senyum getir tiap ada yang muji, gara-gara malu itu tadi. Seringnya ucapan “malu sama jilbab” salah sasaran. Dilontarkan seenaknya ke orang lain. Padahal, ucapan itu ngejleb banget ketika dikatakan ke diri sendiri. Much more powerful. Jilbab akhirnya kembali pada peran utamanya, menjadi hijab antara wanita dan fitnah. Menjadi pembatas antara wanita dengan maksiat yang akan atau mereka pikirkan untuk lakukan. Yaah…andaikan saya memahami makna jilbab sedalam itu, hingga malu setiap kali memandang diri di cermin.

“sudah selaraskah jilbab dengan akhlakmu?”

***
Yogyakarta, hari terakhir Ramadhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s