Pantaskah

andai dapat saya tutup mata ini, agar tidak pernah lagi terlihat cacat orang lain yang membuat hati ingin mencaci. pantaskah, ketika yang menyadarkan dahulu adalah sebuah kelembutan, namun kini ingin sekali menghujani mereka yang belum paham, dengan hujatan? aduh, sombong sekali, lupa bagaimana dahulu posisi itu pernah saya alami. menjadi dungu, pura-pura tidak tahu, menolak kebenaran dengan alasan sudah tidak jaman alias cupu. kebaikanNya melalui perangai mulia saudari-saudari yang sedikit demi sedikit menyadarkan, rahmatNya melalui nasehat-nasehat halus sesama kawan yang tiap hari kian menguatkan. memang kini, sudah sebaik apa saya? nol besar. hmm, betapa sombongnya. sibuk menahan untuk menghakimi padahal diri sendiri jauh lebih membutuhkan muhasabah.

yang tersulit dari meniti jalan menuju kebenaran ialah menjauhi tinggi hati. menganggap diri lebih baik. lucu, lucu sekali. bagaikan anak ayam kehilangan induk. niatnya sudah hilang tak tentu arah. jalannya berputar balik semakin menjauhi tujuan utama. miris, miris sekali. yang diperjuangkan meluruh satu per satu menjadi hal yang tak bermakna lagi.

yang lebih baik darimu, yang jauh lebih taat darimu, yang jauh jauh lebih dicintai olehNya darimu, yang jauh jauh jauh lebih mulia disisiNya darimu, tidak terhitung nilainya. ada banyak. kamu bukan apa-apa. satu ujung kuku pun belum tentu jika kamu dibandingkan dengan mereka. tinggi hatimu, kesombonganmu, hanya membuatmu semakin terhina di mataNya.

tutuplah hati dari prasangka, dari rasa bangga, dari keinginan untuk terlihat oleh manusia, wahai Dzat Yang Maha Kuasa.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s