You vs Environment

assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

hari ke sepuluh ramadhan, targetnya masih berjalan? *ngomong sama kaca* banyak-banyak berdoa semoga bulan suci ini jadi bulan pembuka bagi perubahan di masa yang akan datang. kalau bahasa kerennya sih, jadikan bulan ramadhan sebagai awalan hijrahmu. asik:3

yang ramadhan di tanah rantau, apalagi yang pertama kali ramadhan jauh dari rumah, gimana rasanya? saya sih alhamdulillaah kangennya masih bisa ditolerir (yha sapa juga yang tanya). kobisa kobisa? ini dikarenakan….lingkungan. dulu saya acap kali mengeluhkan kurangnya kemampuan diri ini untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. biasa lah bocah ingusan dikit-dikit ngeluh nggak punya temen dikit-dikit bilang kesepian dikit-dikit pengen pulang. eh yang terakhir itu dalam semua kondisi kayaknya tetep ngerasain deh._. tapi semakin kesini saya merasa semakin berbezee (read: berbeda), karena lingkungan tempat saya berada ternyata membuat saya nyaman. atau, pikiran saya yang mulai positif sehingga semua terlihat lebih baik? nah, salah satu anugerah yang patut disyukuri ialah dikelilingi komponen-komponen dunia yang menjadi alarm ketika lengah. contohnya, teman-teman yang selalu mengingatkan untuk beribadah, teman-teman yang mengajak mendengarkan hal-hal baik, teman-teman yang berusaha mengurangi kebiasaan nongkrong-eh-ga-kerasa-jadi-gosip. teman-teman seperti ini yang membuat kita terpacu untuk menyaingi. dosa? nggak dong. kan bersaing dalam kebaikan. wow si A sholat dhuha rutin banget, akhirnya berusaha merutinkan juga, plus rokaatnya ditambah. si B suka banget dah bagi-bagi rejeki, akhirnya mulai menabung untuk sedekah daripada hura-hura. akhirnya, selevel deh sama mereka. temen dapet, hati jadi adem. itu sekedar pemisalan aja, gimana lingkungan sebenarnya ikut berperan aktif dalam perubahan pribadi seseorang. air hujan yang netes di comberan baunya bakal ngikut anyir, sementara air hujan yang mengalir ke kolam presiden bakal jernih karena ikut dibersihkan tiap hari. begitu pula kita, lingkungan tempat kita beraktivitas sehari-hari akan mempengaruhi pola pikir dan cara pandang hidup. karena, dalam hati kecil selalu ada saja rasa egois, rasa yang membenarkan apapun yang kita lakukan, meskipun sebenarnya tau juga kalau itu salah. gapapa dong kayak gini toh mereka juga ngelakuin hal yang sama kan. nah ini termasuk salah satu kerugian dari lingkungan yang tidak kondusif. tapi tapi, jangan keburu judging dan ngecap sebuah lingkungan buruk maka semua isinya juga buruk tanpa terkecuali. disitulah prinsip pribadi dipertaruhkan. air hujan yang mengandung suatu zat pemurni ajaib nggak bakal ikut anyir waktu masuk comberan. sebaliknya, air comberan lah yang lama-kelamaan menjadi bening dan wangi. abaikan aja analogi nggak jelas barusan, tapi intinya ketika kita kokoh dengan prinsip-prinsip hidup yang baik, maka lingkungan tidak kondusif pun tidak akan jadi masalah, justru kitalah yang sebenarnya punya power untuk merubah lingkungan tersebut menjadi lebih bermanfaat. malah lebih keren toh bisa ngerubah segala? makanya, buat yang lingkungannya saat ini sudah membuat nyaman kayak saya, patut bersyukur, alhamdulillaah dimudahkan untuk beradaptasi dengan yang insyaAllaah baik. buat yang lingkungannya saat ini beraaat banget, nyari celah kebaikan rasanya kayak nyari jarum dalam tumpukkan jerami, siap-siap kuatkan hati dan pasang benteng terkokoh, lalu bersyukur lebiiiih banyak lagi, karena berarti…selamat! kalian sudah mengemban tugas yang teramat sangat mulia, yaitu menjadi lentera dalam gelapnya malam:3 alhamdulillaah alhamdulillaah alhamdulillaah:3 kalau nggak ada yang ngingetin beribadah, it means kalianlah yang harus getol jongkrokin temen-temen yang lagi males. kalau lagi pada gosipin orang sampe berbusa-busa, kalianlah yang harus nyediakan kue coklat supaya mereka jadi ngunyah dan nggak fokus gosip. singkatnya, kalianlah pioneer kebaikan yang harus mengajak mereka-mereka yang lagi merem untuk membuka mata dan menuju jalan kebenaran. selamat meniru yang baik ataupun mencontohkan yang baik, ya!(:

 

Advertisements

2 thoughts on “You vs Environment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s