Capital G

ada yang berubah dari diri saya, yang kemudian disadari oleh sahabat tercinta, titi muti. akhir-akhir ini, saya sering sekali lupa. bukan lupa yang terus inget setelah beberapa saat, lupa yang bener-bener lupa sampai buka hp lihat banyak notif dan mikir “hah? rapat evaluasi? emang hari ini? emang ada jarkoman?“. ya, lupa jenis itu. dan bukan hanya rapat-rapat tbm yang saya lupa (padahal setiap ada kegiatan di jarkom), saya mulai melupakan hal-hal kecil seperti dimana saya meletakkan barang-barang saya, dan yang paling parah adalah ketika saya bayar uang kos padahal saya sudah bayar awal bulan lalu. ZONK KAN. ibu kos sampai ikut khawatir, beliau menawarkan untuk sms papa setiap saya habis bayar, biar nggak lupa-lupa lagi. titi sampai harus mengingatkan setiap ada apa-apa, mulai dari jadwal ketemu dospem, ngingatkan kuliah, dkk. semua terbengkalai, dari pkm yang akhirnya harus ikhlas diundur sampai waktu yang belum ditentukan (maaf ya ti, zan, ngga), materi kuliah yang menumpuk-numpuk, amanah organisasi yang tersendat (saya sampai mual menghadapi photoshop, semua amanah hubungannya sama dia), belum lagi amanah kepanitiaan angkatan yang belum saya follow up perkembangannya (beruntung punya partner kayak kamu, ndut. beruntung punya OC kayak kalian mas fir, mel, yin, man, hil). puncaknya hari ini. nggak kuliah adalah hal yang belum pernah saya lakukan kecuali waktu sakit bulan lalu, dan hari ini saya nggak kuliah (padahal di rs soebandi, deket banget sama kos) gara-gara tidur. serius bangun-bangun ngerasa bodoh. mku juga nggak ikut pula. asli, galaunya pake capslock. kerinduan terhadap adik-adik bintoro 5 juga harus diredam karena ada review histo (mau nggak ikut tapi karena sebuah alasan saya memilih untuk egois, maaf ya adik-adikku sayang). 19 tahun masih agak lama, tapi rasanya saya sudah mengalami sindrom geriatri. saya ingin sekali berlibur, yang benar-benar berlibur; tanpa ada pikiran tentang sistem kardiovaskular ataupun deadline backdrop. lari dari tanggungjawab adalah hal nomor satu yang paling menggoda saya. saya ingin menghilang tanpa satu orang pun tau. makan sepuasnya, istirahat sepuasnya, baca buku (non kedokteran) sepuasnya.

tapi,

ahli hadist seperti imam bukhari bukanlah orang menye-menye seperti saya, beliau berperawakan kurus karena jarang makan dan jarang pula tidur. beliau bangun tengah malam untuk menulis hadist. mbak farah, murabbi kami, lahir ditengah keluarga yang berada, tapi tetap tidak manja bahkan selalu menekankan “tunjukkan bahwa muslimah itu pintar dan berakhlak. memperbaiki diri menjadi lebih baik itu juga termasuk dakwah.” mawapres, belajar ke jepang, mana mungkin bisa dicapai dengan leha-leha dan nangis waktu pulang malem karena suatu kegiatan. mbak fay, yang tulisannya selalu memotivasi, menjadi ibu dari sebuah organisasi, menjadi petinggi di organisasi yang lain, lolos satu tahap IMO, nggak akan bisa bertahan kalau nggak berjuang keras meskipun harus tidur jam 1 atau 2 pagi. cagar, mutiara, jean, gusfita, samuel, firman herdi, tegar, serta seluruh barisan otak encer di angkatan, bisa nggak tiba-tiba pintar tanpa belajar, tanpa berusaha membagi waktu dan memprioritaskan sesuatu?

lalu,

kalau saya yang sibuk dikit langsung delirium, nggak makan dikit masuk angin, nggak tidur dikit mood berantakan wajah abu-abu, berharap bisa seperti mereka-mereka dengan segala prestasinya, saya mau lewat jalan yang mana?

“Sesungguhnya Allaah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka,” (QS. Ar Raad : 11).

 

untuk saya, untuk kalian yang selalu menganggap diri sendiri “biasa-biasa saja”.

One thought on “Capital G

Leave a Reply

