pada akhirnya

saya pun mengerti, benar yang digariskan Ia tidak akan bergeser meski satu senti. dan dari semua yang sudah terjadi, mulai terlihat hal-hal yang dapat saya pelajari.

bahwa di tengah perih hati, ternyata kita masih bisa tersenyum. tidak ada yang lebih melegakan dibandingkan melihat orang lain berbahagia. tidakkah dapat dimengerti? hal ini memang ada, bukan hanya omong kosong kemunafikkan. karena disaat pilu menghampiri, kita tahu, dalam diam pun Ia memahami. Ia tidak beranjak. Ia tetap dekat. Ia tetap memeluk dengan erat. saya hanya perlu merasakan. doa-doa yang deras mengalir walau bibir tetap terkatup, Ia mendengar. Ia selalu mengerti melebihi diri saya sendiri.

kematian orang-orang yang saya cintai, berkali-kali, menuntut saya untuk selalu hanya mengingat kebaikan. dimana ketika mereka telah tiada nanti, saya bisa dengan tulus merelakan. tidak ada yang tertinggal. tidak ada maaf yang belum diberikan. tidak ada luka yang perlu untuk disembuhkan. pun ketika kelak saya sendiri yang mati, tidak ada kenangan buruk yang memberatkan. hanya ketiadaan yang berteman kenangan menyenangkan. dan membuat saya lagi-lagi ingat, tidak ada yang benar-benar saya miliki, termasuk diri saya sendiri.

begitulah yang saya pegang. tidak ada balasan lain dari kebaikan kecuali kebaikan.

Mahasuci Ia, dengan segala kekurangan diri masih mau memberi pengajaran.

dan untuk orang lain yang berdosa karena saya, saya tidak akan lelah meminta agar Ia memaafkan kebodohan saya. saya tidak akan lelah memohon, agar jalan anda tetap lurus mengikuti alurNya.

kepada Ia segala perasaan ini saya kembalikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s